Visi Misi

Visi dan Misi dari PDAM Kabupaten Sumba Timur disusun dengan mengacu kepada keinginan dari para stakeholder dan pertimbangan aspek Internal dan eksternal (SWOT).

6.1   VISI
Visi adalah sesuatu yang menjadi cita-cita yang akan diwujudkan oleh perusahaan di masa depan. Visi perusahaan terartikulasikan dengan jelas dan utuh akan dapat digunakan sebagai arah, perekat dan motivasi dalam pengembangan perusahaan sehingga perubahan-perubahan yang dilakukan perusahaan dalam mewujudkan visinya dapat terarah.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas demi kemajuan PDAM Matawai Amahu Kabupaten Sumba Timur, dirumuskan Visi PDAM sebagai berikut.


6.1 Rumusan VISI

“Menjaga Kehidupan, Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pelayanan Air Bersih yang Profesional”.


6.1.2 Penjelasan VISI
Visi PDAM Kabupaten Sumba Timur memiliki makna yang cukup mendalam yaitu PDAM mampu memberikan pelayanan di bidang air bersih yang sebenarnya bukan sekedar nama sampai kepada pelanggan.
Menjaga Kehidupan artinya PDAM mampu memberikan pelayanan air bersih kepada pelanggan dengan kuantitas, kontinuitas dan kualitas yang memenuhi persyaratan.
Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat artinya PDAM mampu mengembangkan pemasaran dan cakupan pelanggan. Hal ini salah satu cara untuk memperluas pelayanan air bersih kepada masyarakat. Dengan makin luasnya masyarakat yang menikmati fasilitas air bersih dari PDAM, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena salah satu indikator sejahteranya masyarakat perkotaan adalah makin mudahnya masyarakat mendapatkan dan mengakses fasilitas-fasilitas perkotaan/pelayanan publik yang menunjang kehidupan mereka.
Profesional artinya pelayanan yang baik adalah merupakan cita-cita yang mulia yang pencapaiannya hanya dapat dinilai melalui tingkat kepuasan pelanggan.
Misi merupakan penjabaran dan perwujudan dari visi yang telah dirumuskan oleh PDAM Matawai Amahu. Visi dan Misi harus sejalan sehingga dapat tercapai tujuan yang diinginkan.
Rumusan misi PDAM Matawai Amahu Kabupaten Sumba Timur sebagai berikut.

6.2.1 Rumusan MISI
1.   Meningkatkan cakupan pelayanan dengan pemasangan jaringan pipa distribusi dan sub distribusi pada lokasi pelanggan potensial;
2.   Peningkatan kapasitas produksi dengan memanfaatkan sumber air yang ada;
3.   Penurunan tingkat kebocoran (NRW), sehingga kuantitas, kontinuitas dan kualitas air tetap terjaga;
4.   Peningkatan kepuasan pelanggan dengan meminimalisasi keluhan pelanggan;
5.   Peningkatan pendapatan dengan mengurangi tingkat kebocoran administrasi (kesalahan pencatatan, penrtiban meter pelanggan, penertiban pemakaian pompa untuk menyedot air, dan sambungan liar);
6.   Peningkatan efisiensi penagihan;
7.   Peningkatan sumber daya manusia.

6.2.2 Penjelasan MISI
Misi diatas adalah upaya perusahan untuk mewujudkan visinya dimana perusahan harus menghasilkan produk yang sesuai dengan Standard Departemen Kesehatan, serta meningkatkan kuantitas, kualitas dan kontiunitas serta layanan yang lebih baik, sehingga apa yang diinginkan masyarakat dapat terpenuhi.
Disadari sepenuhnya bahwa implementasi misi yang diemban oleh PDAM Kabupaten Sumba Timur tidak luput dari hambatan dan tantangan baik bersifat administratif atau keuangan maupun yang bersifat teknis operasional serta diharapkan manajemen PDAM Kabupaten Sumba Timur dapat mencari jalan keluar untuk mengatasi hambatan dan tantangan yang dimaksud.